Psikologi Pendidikan AUD
Mata
kuliah psikologi pendidikan AUD adalah mata kuliah yang membahas pemahaman berkaitan
dengan studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan
dengan dunia Pendidikan anak usia dini.
1 طلاب
المعلم:
muttaqin, muhammad azam
PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengajarkan pembelajaran sains untuk anak usia dini. sains secara khusus untuk mengajarka ilmu pengetahuan alam dalam bentuk permainan. ilmu pengetahuan alam yang diberikan untuk pembelajaran anak usia dini meliputi biologi, fisika, dan kimia. Pembelajaran biologi paud identik dengan kegiatan pengamatan makhluk hidup. Pembelajaran fisika meliputi kegiatan percobaan fisika sederhana. Sedangkan kimia lebih ke arah reaksi kimia sederhana (cuka, baking soda, citrun, redokson) dan mineral suber daya alam. Akhir pembelajaran ini mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran dan APE sains untuk anak usia dini.
1 طلاب
المعلم:
Wulansari, Betty Yulia
Manajemen PAUD
1 طلاب
المعلم:
Dr. Bambang Harmanto, S.Pd, M.Pd, .
Pembelajaran Terpadu
1 طلاب
المعلم:
Kristiana, Dian
MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran AUD
membekali mahasiswa bagaimana mengelola pembelajaran AUD menjadi lebih
berkualitas. Pendekatan pembelajaran, strategi Pembelajaran dan Metode
Pembelajaran yang tepat mampu menggali potensi serta melejitkan kemampuan dan
kecerdasan AUD melalui proses-proses yang alamiah tetapi terarah. Pengembangan
media dan sumber belajar merupakan bagian proses persiapan pembelajaran oleh
Guru penting untuk senantiasa di upayakan, sehingga AUD mampu menjalani proses
pembelajaran dengan maksimal. Mahasiswa
dapat mengetahui, menguasai, memahami dan mengaplikasikan konsep mengenai
Hakikat Pengembangan Bahan Pengajaran AUD, Prinsip Pembelajaran AUD, Bidang
Pengembangan AUD, Prinsip Pengembangan di AUD, Konsep Dasar Penyusunan Bahan
Ajar, Aspek Pengembangan Bahan Ajar, Jenis Bahan Ajar, Pedoman Implementasi
Pengembangan Bahan Ajar dan Evaluasi Pembelajaran PAUD sehinggga mampu mengaplikasikan di masyarakat
guna mencapai pembelajaran AUD yang efektif dan effisien dan senantiasa terdapat inovasi-inovasi yang
memiliki karakteristik yang berbeda
1 طلاب
المعلم:
YULI ASTUTI, S.Kom, M.Kom, ARIN
Pendidikan Jasmani Anak Usia Dini
1 طلاب
المعلم:
SETYOWAHYUDI, RENDY
Pengelola Program Kegiatan TPA
1 طلاب
المعلم:
SETYOWAHYUDI, RENDY
Psikologi Pendidikan
1 طلاب
المعلم:
SETYOWAHYUDI, RENDY
Metode Pengembangan Motorik
1 طلاب
المعلم:
SETYOWAHYUDI, RENDY
SENI DRAMA
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prasyarat. Sebelum menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan telah menempuh mata kuliah seni bercerita.
Mata kuliah seni drama ini diampu oleh Ida Yeni Rahmawati, M.Pd. Mata kuliah seni drama ini dilaksanakan selama 16 kali pertemuan. Pertemuan ke-8 merupakan jadwal ujian tengah semester. Pertemuan ke-16 merupakan jadwal ujian akhir semester. Perkuliahan ini dilaksanakan secara sinkronus dan asikronus. Kehadiran dlaam perkuliahan ini minimal 70%. Nilai pada mata kuliah ini terdiri dari nilai kehadiran, keaktifan, nilai tugas, nilai presntasi, nilai praktik seni drama.
KODE KELAS
KELAS PMM: pmm
KELAS UMPO: umpo
1 طلاب
المعلم:
Yeni Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Ida
Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini
1 طلاب
المعلم:
SETYOWAHYUDI, RENDY
KECERDASAN MAJEMUK KELAS A
Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa
agar dapat mengembangkan kegiatan yang berbasis kecerdasan majemuk untuk anak
usia dini. Topik-topik yang akan dipelajari mahasiswa adalah pengertian
kecerdasan majemuk, kegiatan pengembangan yang sesuai dengan karakteristik AUD,
delapan kecerdasan yang terdapat dalam kecerdasan majemuk dan cara
mengembangkannya untuk AUD, serta permainan berbasis kecerdasan majemuk yang
sesuai dengan AUD.
1 طلاب
المعلم:
Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I, Dr. M.
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI 2021
Mata kuliah Bermain dan Permainan Anak membahas
secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi
pokok mata kuliah ini meliputi pengantar perkuliahan, konsep dasar bermain,
teori-teori bermain, tahap-tahap perkembangan bermain, jenis-jenis alat
bermain, dan praktik bermain dan membuat alat permainan edukatif. Dengan mempelajari mata
kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu Mahasiswa memahami konsep dan pratik
bermain bagi anak usia dini sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan
mampu melaksanakan pendidikan pada anak usia dini dengan tepat.
1 طلاب
المعلم:
Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I, Dr. M.
BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI KELAS B
Mata kuliah Bermain dan Permainan Anak membahas
secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi
pokok mata kuliah ini meliputi pengantar perkuliahan, konsep dasar bermain,
teori-teori bermain, tahap-tahap perkembangan bermain, jenis-jenis alat
bermain, dan praktik bermain dan membuat alat permainan edukatif. Dengan mempelajari mata
kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu Mahasiswa memahami konsep dan pratik
bermain bagi anak usia dini sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan
mampu melaksanakan pendidikan pada anak usia dini dengan tepat.
1 طلاب
المعلم:
Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I, Dr. M.
KONSEP DASAR PAUD
Mata kuliah ini membahas tentang garis besar
PAUD, hakikat, pengertian, fungsi, sejarah, landasasan, teori-teori,
perkembangan anak usia dini, hakikat belajar anak usia dini, pembelajaran anak
usia dini, dan penilaian PAUD.
1 طلاب
المعلم:
Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I, Dr. M.
METODE PENGEMBANGAN BAHASA
Mata kuliah metode pengembangan bahasa ini sebagai salah satu syarat untuk memenuhi mata kuliah pengajaran bahasa Indonesia untuk anak usia dini. Mata kuliah ini berisi berbagai metode dalam pengembangan bahasa pada anak usia dini.
1 طلاب
المعلم:
Yeni Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Ida
Metode Pengembangan Kognitif
Mata Kuliah Metode Pengembangan Kognitif adalah mata kuliah wajib prodi yang menyajikan pemahaman perkembangan kognitif dan bagaimana merancang dan membuat pembelajaran kognitif untuk anak usia dini
1 طلاب
المعلم:
Wulansari, Betty Yulia
BAKAT DAN KREATIVITAS KELAS 2 A
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian kreativitas yang meliputi definisi konsepsional/pengertian kreativitas 4P serta teori-teori yang melandasi pembentukan pribadi yang kreatif, pengembangan kreativitas, teori-teori yang melandasi dorongan kreativitas dan proses kreativitas, menjelaskan dan menerapkan belajar secara kreatif dan juga cara mengajar yang kreatif.
1 طلاب
المعلم:
Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I, Dr. M.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN AUD KELAS 4 B
Mata kuliah ini membahas tentang garis besar perencanaan pembelajaran PAUD, seperti hakikat perencanaan pembelajaran, prinsip dan karakteristik perencanaan pembelajaran PAUD, komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD, dan praktik menyusun perencanaan pembelajaran PAUD
1 طلاب
المعلم:
Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I, Dr. M.