Public Relations Islami
Mata Kuliah ini memadukan kepentingan sosial dengan pendekatan ke PR an yang islami dimana kedua hal tersebut
merupakan suatu tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan teknik dan cara pengelolaan yang profesional. Hal ini
menjadikan aktifitas PR yang Islami benar-benar berperan sebagai corong atau mercusuar lembaga/institusi dan semua
aktifitas berkaitan dengan ke PR an, sehingga dipercaya oleh masyarakat dan citra islam menjadi terbangun. Mata kuliah
ini membekali mahasiswa untuk memahami tentang fungsi dan peran PR dalam perspektif ke islam dan strategi PR
dalam membangun citra positif lembaga/institusi, teknik dan media pengelolaan informasi yang profesional sesuai
dengan prinsip dan kaidah PR dalam perspektif Islam. Untuk kompetensi pemahaman itu, mahasiswa juga dibekali
dengan teori-teori komunikasi sebagai kunci pokoknya keberhasilan aktivitas P
1 Students
Lecturer:
Wahyu Tricana, Deny
Dasar Jurnalistik
Dalam perkuliahan ini dibahas ihwal kewartawanan dan wartawan, dunia wartawan, wartawan masa depan, karakteristik media (cetak dan elektronik), pemakaian bahasa jurnalistik, jurnalisme dan informasi global. Mata kuliah ini di samping memberikan bekal pengetahuan, wawasan, dan pemahaman dasar-dasar jurnalistik, juga membekali mahasiswa untuk mengenal karakteristik media baik cetak maupun elektronik. Dengan demikian, mata kuliah ini juga termasuk ke dalam kategori mata kuliah yang berpraktikum.
0 Students
Jurnalistik Investigasi
Dalam Mata kuliah ini akan memberikan pemahaman mengenai pengertian dan sejarah jurnalisme investigasi, memahami perkembangn jurnalisme kontemporer (Computer Assisted Reporting, Jurnalisme Data), prinsip-prinsip jurnalisme investigasi yang dilakukan dalam proses perencanaan hingga produksi, dan distribusi berita; memahami etika jurnalisme investigasi; serta mampu merencanakan dan memproduksi berita investigasi untuk media cetak, televisi atau media online (optional) dengan berlandaskan etika.
1 Students
Lecturer:
Wahyu Tricana, Deny
Jurnalistik TV
Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dan teori mengenai Jurnalistik TV agar mampu memburu, mengumpulkan, mengolah dan menyiarkan berita TV
1 Students
Lecturer:
Wahyu Tricana, Deny
Event Organizer
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan, memahami dan membuat sebuah event, dimana mahasiswa akan melakukan penegelolaan event berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi event tersebut. Beberapa capaian yang terkait dan/atau akan dibangun melalui mata kuliah ini, yaitu sebagai berikut ; Mempunyai pola pikir terbuka pada keberagaman, Mempunyai toleransi dan menghormati perbedaan pendapat, Menghargai dan menjunjung nilai budaya berdasarkan moral dan etika kemanusiaan, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas argumentasi atau pemikiran yang disampaikan
2 Students
Lecturer:
Wahyu Tricana, Deny
Jurnalistik Media Cetak
Perkembangan media cetak ditengah serbuan media digital
1 Students
Manager:
Oki Cahyo Nugroho, .
SEMINAR PROPOSAL
Mtakuliah ini ditempuh oleh mahasiswa semester 7 atau mahasiswa yang memprogram matakuliah seminar proposal
1 Students
Lecturer:
PURWATI, M.I.Kom, ELI
JURNALISTIK RADIO
Kegiatan perkuliahan ini dititik beratkan pada pendalaman mengenai pemahaman teknik kepenyiaraan berita, penulisan naskah atau script di Radio , Proses Produksi Berita, dan teknik penulisan jurnaliastik berita radio.
pembahasan materi di lakukan dengan cara Tatap muka dan praktek lansung. Dimana mahasiswa biasa mendapatkan bekal dan materi yang diinginkan dan mendapatkan tugas mengenai Jurnalistik Radio.
1 Students
Lecturer:
PURWATI, M.I.Kom, ELI
SEMINAR PROPOSAL
MATAKULIAH WAJIB FAKULTAS YANG MENGAJARKAN BAGAIMANA MENYUSUN SEBUAH PROPOSAL PENELITIAN UNTUK SEBUAH KARYA ILMIAH ATAU SKRIPSI
1 Students
Lecturer:
Dwi Anggoro S.Ikom,M.Si,Ph.D, Ayub
PRAKTEK PUBLIC RELATIONS
mata kuliah konsentrasi public relations program studi ilmu komunikasi yang mengajarkan tentang bagaimana menyusun perencanaan pada konsep public relations
1 Students
Lecturer:
Dwi Anggoro S.Ikom,M.Si,Ph.D, Ayub
METODE PENELITIAN ILMU KOMUNIKASI
mata kuliah wajib program studi ilmu komunikasi yanng mengajarkan tentang metodelogi riset dalam dunia ilmu komunikasi
1 Students
Lecturer:
Dwi Anggoro S.Ikom,M.Si,Ph.D, Ayub
PRODUKSI MEDIA MASSA
mata kuliah wajib program studi ilmu komunikasi yang mengajarkan tentang karakteristik dan proses produksi pada media massa
1 Students
Lecturer:
Dwi Anggoro S.Ikom,M.Si,Ph.D, Ayub
MEDIA DAN OPINI PUBLIK
mata kuliah wajib Program studi Ilmu Komunikasi yang mengajarkan tentang bagamana melakukan analisa opini publik di dalam media massa
1 Students
Lecturer:
Dwi Anggoro S.Ikom,M.Si,Ph.D, Ayub
PUBLIC SPEAKING
Matakuliah ini akan disampaikan pada semester 5 dan semester 7
1 Students
Lecturer:
PURWATI, M.I.Kom, ELI
DASAR DASAR KEPENYIARAN
Matakuliah ini akan disampaikan kepada mahasiswa semester 3
1 Students
Lecturer:
PURWATI, M.I.Kom, ELI
PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
Pengantar ilmu komunikasi di sampaikan pada semester 1
1 Students
Lecturer:
PURWATI, M.I.Kom, ELI
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN KOMUNIKASI
Ilmu komunikasi dalam Islam merupakan bagian dari ilmu dakwah yang berupaya menyampaikan informasi, gagasan-gagasan dan sikap-sikap yang benar dan akurat menurut Islam. Kemudian secara epistemologis, ilmu komunikasi dalam perspektif Islam dibangun berdasarkan prinsip tauhid, amar ma’ruf nahi munkar, ummah, taqwa, dan amanah serta menggunakan paradigma yang individualism-conformity, transcendatalism-existensialism, intuitive rational processes, dan egalitarian- hierarchical. Adapun metode yang digunakan tetap mengacu pada epistemologi Islam yaitu metode bayani, tajribi, burhani, dan irfani. Selanjutnya, secara aksiologi, ilmu komunikasi dalam perspektif Islam dibangun di atas landasan nilai dan etika yang bersumber dari al-Qur’an dan al-hadits serta bertujuan untuk mengembangkan rasa ingin tahu manusia terhadap ilmu, mengembangkan teori komunikasi Islam, mengatasi permasalahan komunikasi manusia, dan sebagai media manusia dalam meningkatkan kualitas diri dan dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan.
1 Students
Lecturer:
Wahyu Tricana, Deny
KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi bisnis menjadi penting artinya bagi memperlancar penyampaian pesan-pesan bisnis, terlebih dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia bisnis. Pada dasarnya, komunikasi bisnis mencakup berbagai hal yang berbagai hal yang berkaitan dengan komunikasi baik secara lisan ataupun tulisan dalam dunai bisnis. Disamping prinsip-prinsip dasar berkomunikasi, materi komunikasi bbisnis juga mencakup bagaimana proses penulisan, pelaporan, serta keberhasilan berkomunikasi melalui pemanfaatan berbagai media komunikasi yang ada saat inI. Lebih lanjut, pemahaman yang baik terhadap komunikasi bisnis akan sangat berarti khususnyanbagi para pengambil keputusan (pimpinan) dalam menghindari berbagai kemungkinan terjadinya kesalahpahaman maupun hambatan dalam dunia komunikasi bisnis.
6 Students
Manager:
Wahyu Tricana, Deny